Tuesday, March 13, 2012

Menjaga dan Merawat Cat Mobil


Memiliki mobil dengan kondisi cat yang mulus tentu harapan bagi siapapun. Tidak hanya untuk pemilik mobil baru, namun juga tentunya bagi Anda yang telah memiliki mobil yang sudah tidak terbilang baru lagi. Pada dasarnya cat mobil original dari pabrik dapat bertahan lama, bahkan hingga belasan tahun. Namun jika salah dalam merawatnya, cat mobil Anda akan pudar hanya dalam waktu 3 sampai 4 tahun saja.

Penyebab pudarnya warna cat mobil disebabkan karena kesalahan dalam merawat cat mobil, antara lain karena kesalahan pada saat mencuci, salah pilih produk pembersih atau membiarkan debu dan air hujan. 

Mencuci Mobil.
Waktu mencuci mobil yang tepat adalah pagi atau sore hari, ketika suhu tidak terlalu panas. Gunakan bahan yang halus seperti kanebo atau bahan dari kulit pada saat mengelap agar tidak menyebabkan baret, karena jika terjadi baret meskipun halus dapat menyebabkan kerusakan serius pada cat mobil.
Tekanan air yang terlalu keras pun dapat menjadi salah satu sebab kerusakan cat mobil Anda, oleh karena itu tidak perlu disemprot terlalu keras.
Pastikan pula untuk mengelap kembali mobil Anda dengan lap kering setelah basuhan terakhir agar tidak terjadi flek dari butir-butir air yang tersisa.

Produk Pembersih
Jangan gunakan shampo pembersih yang mengandung silicon atau minyak tanah karena dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan cat menjadi kusam. Gunakanlah produk yang mengandung bahan-bahan alami seperti kaolin clay atau carnauba wax, dan perhatikan pula setiap keterangan kandungan jat yang digunakan pada MSDS (material Safty Data Sheet).

Debu dan Hujan
Jangan anggap remeh debu dan air hujan, jika debu yang menempel tidak segera dibersihkan, maka akan menumpuk dan sulit untuk dibersihkan. Begitu pula dengan air hujan, cuci segera setelah terguyur hujan, karena dengan tingkat keasaman yang lebih tinggi, air hujan dapat menyebabkan timbulnya jamur dan flek pada cat mobil.

Perawatan yang teratur dengan cara yang benar dan bahan-bahan yang terjamin kualitasnya dapat menjaga warna cat mobil Anda tetap cemerlang. So tidak sulit bukan?


No comments:

Post a Comment