Thursday, July 19, 2012

Manisnya Lotus Elite 1960


Teknologi yang diterapkan pada Lotus Elite sudah selangkah lebih maju dari zamannya. Karena bukan hanya mengurangi bobot Elite secara keseluruhan, namun teknologi fiberglass pertama yang diterapkan pada mobil ini ternyata memberikan faktor keselamatan yang sangat baik bagi pengemudinya. 


Mobil klasik nan eksotis ini didesain oleh Colin Chapman dan timnya dengan tujuan untuk mendapatkan mobil sport dengan beban yang ringan atas seluruh bodinya. Melalui tujuannya tersebut mobil ini pun menjadi sangat menarik, karena menerapkan konstruksi monocoque dengan mengunakan bahan fiberglass yang ringan. Tidak hanya pada bodi luarnya saja, namun Chapman menerapkannya hampir pada seluruh struktur pemopang beban mobil Elite ini.


Tenaga yang mampu dihasilkan mobil keren ini sebesar 75hp (85hp untuk Lotus Elite SE), berasal dari mesin 1.2 liter Coventry Climax FWE straight-four yang dikawinkan dengan transmisi manual 4-percepatan. Debut pertama Lotus Elite sendiri adalah pada ajang London Motor Show 1957, setelah memakan waktu hampir satu tahun dalam proses pembangunannya.

.

No comments:

Post a Comment