Tuesday, November 20, 2012

Honda CR-Z, Mobil Hybrid Nan “Sporty Dan Efisien".




Honda CR-Z adalah kependekan dari ‘Compact Renaissance Zero’, yang menurut pihak Honda hal tersebut menjelaskan kebangkitan sebuah compact car yang “sporty, sangat efisien dan Terjangkau".


Mobil ini merupakan salah satu mobil sport coupe bertenaga hybrid yang bisa dibilang termuda dari pabrikan mobil asal negeri matahari terbit tersebut. Lahir di tahun 2007 sebagai kendaraan konsep, CR-Z mulai memasuki proses produksi pada 3 tahun berikutnya, tepatnya di tahun 2010. Susunan kursi 2+2 dalam sebuah bodi hatchback 3 pintu menjadikan mobil sport ini tampil cukup menawan.

Generasi awal CR-Z dibekali dengan mesin 1.5 L (92 cu in) i-VTEC SOHC inline-4, dikombinasikan dengan teknologi hybrid dari Honda yang disebut Integrated Motor Assist(IMA) dengan baterai Nickel Metal Hydride (Ni-MH). Transmisi standar yang digunakan adalah manual 6-percepatan dengan opsi continuously variable transmission (CVT). Total tenaga yang mampu dihasilkan oleh perpaduan teknologi tersebut sebesar 122 bhp (91 kW; 124 PS) dan mampu membawa CR-Z untuk sprint dari posisi diam menuju 60 mph (96 km/jam) dengan waktu terbaik 8.3 detik.


Kini, dalam usianya yang ke-5, mobil Honda CR-Z hadir kembali dengan segala sesuatu yang serba baru. Dua pilihan warna pada bodinya, ban terbaru serta tambahan LED pada lampu utamanya menjadikan wajah CR-Z terlihat semakin ‘fresh’.  Pada jantungnya, Honda mengganti baterai yang sebelumya menggunakan Ni-MH dengan  Li-Ion battery sehingga mampu menaikan tenaga yang dihasilkan, dari total 122 hp menjadi 130 hp.

.

No comments:

Post a Comment